Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Civitas Hospitalia RSUP Dr. Sardjito Ikuti Pelatihan Wajib 5 Dasar

YOGYAKARTA – Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, MPH membuka Pelatihan Wajib 5 Dasar yang diikuti oleh 100 civitas hospitalia RSUP Dr. Sardjito, Selasa (21/2) silam di Ruang Utama Gedung Diklat Lantai IV RSUP Dr. Sardjito. Pelatihan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh rumah sakit yang bertujuan agar civitas hospitalia dapat meningkat pengetahuan, ketrampilan, dan kepedulian dalam hal Patient Safety, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Bantuan Hidup Dasar   (BHD), Pelayanan Prima (Ready to serve) dan Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di  lingkungan rumah sakit.

Dalam rangka mewujudkan visi RSUP Dr Sardjito untuk senantiasa mengutamakan peningkatan mutu yang berorientasi pada keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan, RSUP Dr. Sardjito meningkatkan sistem manajemen mutunya melalui penerapan standar akreditasi dari Joint Commission International (JCI). Dalam standar akreditasi dari JCI ada  pelatihan dasar wajib bagi seluruh karyawan yang terdiri dari Patient Safety, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Bantuan Hidup Dasar   (BHD), Pelayanan Prima (Ready to serve) dan Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sehingga untuk peningkatan mutu yang berorientasi pada keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan. Seluruh civitas hospitalia RSUP Dr. Sardjito harus mengikuti pelatihan wajib mulai dari Pejabat Struktural, Fungsional, Staf Medis, dan Non Medis sebagai wahana peningkatan mutu yang berorientasi pada keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan.

Pelatihan wajib 5 dasar bagi seluruh civitas hospitalia RSUP Dr. Sardjito ini bertujuan agar peserta dapat menyusun dan melengkapi  standar akreditasi, serta dapat melaksanakan dengan benar 6 Sasaran  Keselamatan Pasien (SKP) / Internasional Patients Safety Goals (IPSG) yang meliputi identifikasi pasien dengan benar, meningkatkan komunikasi efektif, meningkatkan keamanan obat – obatan yang harus diwaspadai, memastikan lokasi pembedahan yang benar, prosedur yang benar, pembedahan pada pasien yang  benar, mengurangi risiko infeksi akibat perawatan kesehatan, serta mengurangi risiko cidera pasien akibat jatuh. Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) RSUP Dr. Sardjito turut memberikan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan dalam kebersihan tangan, penggunaan APD dan spil kit. Selain itu, penanganan dan pertolongan pada pasien tersedak (Chooking), henti nafas dan henti jantung, melakukan pembebasan jalan nafas dan resusitasi jantung paru serta melakukan recovery posisi juga merupakan hal penting yang wajib dipahami oleh seluruh civitas hospitalia. Tidak kalah menariknya, pemahamannya dan ketrampilan secara umum tentang bahaya kebakaran dan resiko yang bisa terjadi di lingkungan rumah sakit, mekanisme  timbulnya api serta upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, menggunakan APAR dalam menanggulangi kebakaran sejak dini juga disampaikan oleh Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Materi terkait customer service dan prinsip-prinsip pelayanan prima pun juga dipaparkan agar dapat diaplikasikan oleh civitas hospitalia dalam keseharian untuk meminimalisir terjadinya komplain di lingkungan rumah sakit.

 

 

 

Author Info

Admin Humas

No Comments

Post a Comment