Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Donor Darah Massal Sebagai Upaya Pencapaian Blood and Patient Safety di RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Masih dalam suasana peringatan Hari Ulang Tahun RSUP Dr. Sardjito ke-35 Tahun, civitas hospitalia mengikuti kegiatan donor darah massal yang bertajuk “Give Blood, Give Life” pada hari Selasa (7/3) di Gedung Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) RSUP Dr. Sardjito. Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, MPH ini mendapatkan apresiasi dari segenap civitas hospitalia yang begitu antusias dalam mendonorkan darahnya. Adapun kegiatan donor darah massal ini bertujuan untuk mendapatkan darah donor bersifat sukarela yang akan digunakan bagi pasien rumah sakit. Selain itu, melalui kegiatan ini, seluruh civitas hospitalia maupun masyarakat secara umum diberikan informasi dan promosi tentang donor darah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah.

Transfusi darah mencakup pemberian darah utuh ataupun salah satu atau lebih komponen darah dari satu individu (donor) ke individu lain (resipien). Tindakan transfusi darah merupakan salah satu terapi penunjang yang penting dalam manajemen pasien yang dirawat di rumah sakit. Dalam manajemen pasien di rumah sakit, pelayanan darah merupakan slaah satu komponen yang sangat penting. Selama ini pelayanan darah masih sering tidak mendapatkan perhatian yang memadai karena masih sering dianggap sebagai pelayanan sekunder. Sejalan dengan upaya peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit ke arah Patient Safety, maka sudah seharusnya rumah sakit mengambil peran yang signifikan dalam hal pelayanan darah di rumah sakit.

Keamanan pelayanan darah adalah upaya pengurangan resiko dalam rangkaian pelayanan mulai dari pengerahan, skrining dan pelstarian donor, pengambilan darah, skrining infeksi, pengolahan menjadi komponen, penyimpanan darah dan tindakan medis pemberian darah kepada pasien untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Salah satu langkah untuk memastikan keamanan dan kualitas produk darah adalah pengambilan darah hanya dari donor sukarela tidak berbayar yang berasal dari populasi dengan resiko rendah serta mengadakan prosedur seleksi donor yang ketat. Oleh karena itu, kegiatan donor darah massal sangat diperlukan untuk mendapatkan donor sukarela, serta dalam rangka promosi tentang donor darah kepada masyarakat.

Author Info

Admin Humas

No Comments

Post a Comment