Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Pelantikan Kepengurusan KPRI Melati Husada RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, MPH membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Melati Husada RSUP Dr. Sardjito di Ruang Seminar, Gedung Administrasi Pusat, Sabtu (3/6). Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Sleman, Mustofa turut hadir dalam RAT dan menyampaikan bahwa KPRI Melati Husada telah mengalami perkembangan yang signifikan dengan asset yang melebihi 1 M sehingga perlu dilakukan audit eksternal. Pada RAT kali ini, sekaligus dijadikan momen pelantikan kepengurusan KPRI Melati Husada masa bakti 2017-2021 yang diketuai oleh Mochammad Rochimul Umam, SE.Akt, M.Kes. Ketua KPRI Melati Husada periode 2013-2016, Tri Wahyu Yulianto, SE juga menyampaikan bahwa RSUP Dr. Sardjito merupakan koperasi yang merupakan soko guru perekonomian Indonesia, RSUP Dr. Sardjito telah bersinergi dengan memenangkan Green Hospital dalam pengelolaan bank sampah oleh dikelola oleh KPRI Melati Husada. Rapat Anggota Tahunan kali ini merupakan bentuk konkrit dari Pengurus masa bakti 2013-2016 serta Pengawas masa bakti 2015-2016 dalam menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban kepada anggota dalam mengelola KPRI Melati Husada selama tahun 2016.

Selama kepengurusan pengurus KPRI Melati Husada masa bakti 2013-2016 yang diketuai oleh Tri Wahyu Yulianto, SE telah dilakukan rapat pengurus yang diselenggarakan 31 kali, rapat pengurus dengan pengawas sebanyak 5 kali, rapat pengurus dengan karyawan 2 kali dan rapat antara pengurus, pengawas dengan ketua kelompok sebanyak 1 kali. Pada bidang administrasi secara umum, data dan dokumen seluruh transaksi disimpan secara sentral di kantor KPRI Melati Husada RSUP Dr. Sardijto dalam almari arsip yang akan dilakukan penataan kembali arsip-arsip KPRI Melati Husada. Sistem surat-menyurat dilakukan secara pusat (sentralisasi) di sekretariat KPRI Melati Husada. Bagi anggota koperasi akan segera diterbitkan Kartu Tanda Anggota (KTA) setelah beberapa waktu lalu dilakukan pendataan ulang bagi seluruh anggota serta akan dilakukan penataam kembali ketua-ketua kelompok di seluruh satuan kerja rumah sakit. Dari segi administrasi keuangan, tealh dilakukan perbaikan sistem dan prosedur agar lebih efektif untuk pengajuan dan pencairan pinjaman anggota, pencatatan dan monitoring setoran masing-masing unit usaha; melakukan pencatatan dan monitoring piutang dan utang; melakukan pengendalian piutang bekerja sama dengan bendahara gaji RSUP Dr. Sardjito, validasi transaksi oleh bendahara, laporan pendapatan dan pengeluaran dibuat untuk masing-masing unit usaha, akan dilakukan kerjasama dengan beberapa bank terkait jaminan terhadap peminjaman para anggota dalam rangka pengendalian piutang serta laporan keuangan telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik. Untuk meningkatkan validitas pencatatan telah dilakukan penggantian perangkat computer di kantor yang menangani unit Usaha Simpan Pinjam (USP) dan melengkapi barang dagangan di toko minimarket dan kafetaria. Untuk ke depannya akan dibuatkan aplikasi terintegrasi antara toko, kafetaria dan unit simpan pinjam sehingga akan membantu proses pertanggung jawaban.

Adapun bidang usaha KPRI Melati Husada RSUP Dr. Sardjito meliputi Simpan Pinjam, Minimarket, Café, Usaha Kerjasama, Pelayanan Fotocopy, Pelatihan Anggota, Pasar Ramadhan dan kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Daur Ulang Plastik Indonesia (APDUPI). Pada bulan Januari 2014, telah dibuka Toko Koperasi (Mini Market KPRI Melati Husada 1), Toko Koperasi Mini Market KPRI Melati Husada 2 pada bulan Desember 2014 dan Toko Koperasi Mini Market KPRI Melati Husada 3 pada akhir bulan Desember 2016 yang bekerjasama dengan Bapak Sugianto dengan menggunakan sistem bagi hasil dengan tujuan dikelola secara professional layaknya mini market pada umumnya. Layanan tambahan juga mulai dirintis berupa penjualan pulsa, pembayaran listrik, telepon dan kredit, serta kerjasama penjualan tiket travel Efisiensi (Jogja-Cilacap), Joglo Semar (Jogja-Solo-Semarang), rental mobil Prasindo, serta PT Pos Indonesia (jasa kurir surat dan barang). KPRI Melati Husada juga melakukan usaha kerjasama dengan beberapa dealer sepeda motor seperti Honda, Suzuki dan Yamaha dalam hal penyediaan sepeda motor untuk memenuhi kebutuhan anggota. Layanan fotokopi di RSUP Dr. Sardjito disediakan di 2 tempat  yaitu di dekat Instalasi Radiologi dan di depan lobi Instalasi Rawat Jalan. Atas permintaan pasien, maka layanan fotokopi kembali dibuka di Instalasi Kanker Terpadu Tulip pada awal tahun 2016. Pada tahun 2017, KPRI Melati Husada diberi tanggung jawab untuk mengelola layanan fotokopi arsip BPJS. Pelatihan bagi anggota koperasi juga turut diberikan guna menunjang kemandirian dan kreatifitas anggota dengan pelatihan membuat menu sehat bagi keluarga yang bekerja sama dengan Tupperware. Memasuki bulan suci Ramadhan, KPRI Melati Husada mengadakan Pasar Ramadhan setiap tahun dengan menyediakan paket sembako murah. Selain itu, KPRI Melati Husada juga bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Daur Ulang Plastik Indonesia (APDUPI) dalam pengelolaan sampah non medis dengan mengelola sampah untuk dijadikan pupuk dan didaur ulang.

Author Info

Admin Humas

No Comments

Post a Comment