Fax:(0274) 565639    humas@sardjitohospital.co.id
Germas BLU Berakhlak kars

RSUP Dr. Sardjito – National Taiwan University Hospital (NTUH) Perkuat Kerja Sama Pengembangan Pelayanan Rumah Sakit

YOGYAKARTA – Sepuluh delegasi perwakilan dari National Taiwan University Hospital (NTUH) diterima oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Rukmono Siswishanto,M.Kes., Sp.OG(K) di Ruang Utama Gedung Diklat RSUP Dr. Sardjito, Kamis (24/8). Rombongan yang dipimpin langsung oleh Superintendent NTUH, Prof. Hong-Nerng Ho ini turut dihadiri oleh Direktur Utama RS UGM, Prof. dr. Arif Faisal, Sp.Rad(K)., DHSM dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni dan Pengabdian Kepada Masyarakat FK UGM, Dr.dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K). Kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama antara RSUP Dr. Sardjito – National Taiwan University Hospital (NTUH) – Fakultas Kedokteran UGM ini diawali dengan hospital tour ke beberapa satuan kerja di lingkungan RSUP Dr. Sardjito yang menjadi fokus pengembangan layanan rumah sakit seperti Poliklinik Nyeri, Home Care, Klinik Permata Hati, Bangsal Jiwa serta Instalasi Bedah Sentral. Sesi acara berikutnya adalah paralel workshop yang dibagi menjadi 5 tim meliputi Palliative Care, Pediatric Neurology, Gynecology Oncology, Neurosurgery dan Psychiatry.

Rumah sakit merupakan pemberi pelayanan kesehatan yang memiliki kewajiban mengembangankan pelayanan kesehatan seiring dengan meningkatnya  kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh RSUP Dr. Sardjito dalam mengembangkan pelayanan rumah sakit adalah menjalin kerja sama tripartite antara RSUP Dr. Sardjito, National Taiwan University Hospital (NTUH) dan Fakultas Kedokteran UGM. Tahun ini, NTUH kembali melakukan agenda tahunan “Proffesor Visiting” dengan berkunjungan ke RSUP Dr. Sardjito untuk berbagi ilmu tentang 5 fokus pengembangan pelayanan rumah sakit yang meliputi Palliative Care, Pediatric Neurology, Gynecology Oncology, Neurosurgery dan Psychiatry. Masing-masing Proffesor bersama dengan Kelompok Staf Medik (KSM) melakukan hospital  Tour dengan mengunjungi beberapa satuan kerja untuk mengetahui kondisi pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien di lingkungan RSUP Dr. Sardjito dilanjutkan dengan Paralel Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas isu-isu kesehatan yang saat ini telah berkembang.

Parallel Workshop I tentang Palliative Care berlangsung di Ruang Utama, Gedung Diklat bersama Prof. Jaw Shiun Tsai terkait “Hospiece Palliative Care : A Holistic Care Model”. Parallel Workshop II terkait Pediatric Neurology di Ruang Kuliah 3, 4 dan 5 Gedung Diklat membahas “Movement Disorders in Children With anda Without Development Delay” bersama Dr. Wang- Tso Lee, “Introduction to Early Invention for Childer of Development Delay”oleh Dr. Lu Lu dan “Physical Therapy for Children With Celebral Palsy” yang disampaikan Ms. Yi-Ling Pan. Pada saat yang bersamaan, berlangsung pula Workshop Gynecology Oncology di Ruang Pertemuan KSM Obsgin bersama Prof. Hong Nerng Ho dengan topik bahasan “ART and Related Technologies Applied at NTUH and Opportunity on Researches/Services Collaboration dan paparan “Procedures to Achieve Optimal Cytoreduction (regarding to minimal invasive surgery)” oleh Prof. Wen-Fang Cheng. Sedangkan Dr. Po-Hao Huang memberikan paparan tentang “Treatment of Intracerebral Hemorrhage” bersama dengan Dr. Wiryawan Manusubroto, Sp.B, Sp.BS dan dokter spesialis bedah saraf lainnya di Ruang Pertemuan KSM Bedah Saraf RSUP Dr. Sardjito.

Author Info

Tim Kerja Hukum & Humas

Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Comments are closed.