Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Memaknai Ibadah Kurban di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Yogyakarta – Suara takbir menggema di halaman Gedung Instalasi Rawat Jalan (1/9), puluhan jamaah merapatkan shaf untuk bersama-sama menunaikan Sholat Idul Adha yang dipimpin oleh dr. Dr. H. Agus Taufiqurrahman, Sp.S, M.Kes. Sholat dimulai tepat pada pukul 06.30 WIB. Seluruh jamaah yang terdiri dari dokter, perawat maupun para penunggu pasien khusyuk menjalani sholat Idul Adha pagi itu. Setelah sholat dua rakaat yang ditutup dengan salam, imam melanjutkan memberi khutbah yang mengingatkan para jamaah untuk selalu bersyukur dengan segala yang kita miliki sampai saat ini, terutama rasa aman dan tentram. Ibadah kurban adalah bagian dari Idul Adha yang merupakan ibadah penting dengan 2 dimensi, vertikal dan horizontal. Ibadah vertikal yang ditujukan kepada Allah sebagai perwujudan tauhid mencintai Allah di atas kecintaan kepada yang lain. Sedangkan ibadah horizontal adalah dengan membagikan daging kurban kepada sesama tanpa membeda-bedakan agama, suku maupun golongan. Tahun ini, RSUP Dr. Sardjito melakukan penyembelihan 7 ekor sapi dan 13 ekor kambing yang akan dibagikan kepada civitas hospitalia yang berhak mendapatkan daging dan warga yang berada di sekitar lingkungan rumah sakit.

 Setiap tahunnya, RSUP Dr. Sardjito mengadakan sholat Idul Adha berjamaah di halaman Gedung Instalasi Rawat Jalan yang diikuti oleh jajaran direksi, dokter jaga, perawat maupun para penunggu pasien. Setelah sholat usai, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang berada di halaman Instalasi Rawat Inap IV (Teratai). Penyembelihan disaksikan oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes, Sp.OG(K) dan perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUP Dr. Sardjito. Sapi dari DWP RSUP Dr. Sardjito menjadi hewan pertama yang disembelih, dilanjutkan dengan sapi kedua yang merupakan sapi dari jajaran direksi RSUP Dr. Sardjito. Sebagai bentuk CSR RSUP Dr. Sardjito kepada masyarakat Sendowo yang berada di lingkungan rumah sakit, Direktur SDM dan Pendidikan, drg. Rini Sunaring Putri,M.Kes. memberikan satu ekor kambing kepada Kepala Dukuh Sendowo untuk disembelih. Dalam kegiatan keagamaan ini, seluruh Panitia Idul Adha RSUP Dr. Sardjito memainkan perannya masing-masing, mulai dari penyembelihan, pencacahan daging, pengemasan hingga pendistribusian seluruhnya dilakukan secara gotong royong.

 Momentum Idul Adha sejenak mengingatkan kita kembali akan kisah keteladanan Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah menyembelih putranya, Nabi Ismail untuk menguji keimanan dan ketakwaaan Nabi Ibrahim. Ternyata, kekayaan dan keluarganya tidak membuatnya lalai dalam taatnya kepada Allah. Pembelajaran yang bisa kita ambil dari kisah Nabi Ibrahim ini yang pertama adalah ketakwaan seorang hamba pada Allah dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Kedua, menjaga hubungan baik antar manusia dengan cara menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada sesama merupakan salah satu bentuk kepedulian seorang muslim kepada sesama. Sedangkan pembelajaran ketiga yang bisa kita ambil adalah peningkatan kualitas diri dengan memperkukuh empati, kesadaran diri, serta pengendalian diri. Hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan Sholat Idul Adha bahwa hakikat manusia adalah sama, yang membedakan hanyalah taqwanya. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bertaqwa.

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Post a Comment