Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Studi Banding Tata Kelola Kantin dan TPA, Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSD Gunung Jati Cirebon Kunjungi RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr. Sardjito, dr. Djoko Windoyo, Sp.RM menerima kunjungan studi banding dari Rumah Sakit Daerah Gunung Jati Cirebon di Ruang Seminar, Jum’at (29/9). Kunjungan yang dipimpin oleh Direktur RSD Gunung Jati, dr. H. Bunadi, MKM beserta 17 orang lainnya kali ini bertujuan mempelajari tata kelola kantin dan Tempat Penitipan Anak (TPA). Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUP Dr. Sardjito, Ibu Nurhayati Syafak Hanung, menyampaikan paparan terkait sejarah, perkembangan serta mekanisme pengelolaan kantin dan Tempat Penitipan Anak (TPA) di RSUP Dr. Sardjito yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan.

Dharma Wanita Persatuan RSUP Dr. Sardjito diketuai oleh Ny. Nurhayati Syafak Hanung sejak tahun 2012 hingga sekarang dengan dibantu oleh pengurus DWP RSUP Dr. Sardjito Periode 2015 – 2019 yang terdiri dari wakil ketua, sekretaris, bendahara, bidang pendidikan, bidang ekonomi, dan bidang sosial budaya. Kantin RSUP Dr. Sardjito pertama kali berdiri pada tahun 1982 pada masa kepengurusan DWP yang diketuai oleh Ibu Ismangoen. Tujuan didirikannya kantin ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan rumah sakit karena pada saat itu yang titip berjualan makanan di kantin adalah karyawan rumah sakit. Tahun 1987 dibangun kantin kedua pada masa kepengurusan Ibu Suryanto dan masih dipergunakan hingga saat ini. Pada tahun 2010 saat kepengurusan Ibu Budi Mulyono dimulai perbaikan sistem pengelolaan kantin sehingga penjualan makanan terpantau dengan baik dan terlihat hasil penjualannya. DWP membangun gedung Tempat Penitipan Anak (TPA) dan kantor sekretariat DWP pada tahun 2012. Dua tahun berikutnya, pada 2014, DWP membangun kantin 1 dan merenovasi kantin 2 sesuai dengan standar akreditasi JCI rumah sakit.

Pengelolaan kantin ditangani oleh Bidang Ekonomi DWP RSUP Dr. Sardjito. Keuntungan kantin digunakan untuk kepentingan organisasi DWP, membantu pengeluaran rumah sakit di luar anggaran, qurban setiap tahun dan untuk sumbangan ke tempat yang membutuhkan baik di dalam maupun di luar lingkungan rumah sakit. Penyediaan makanan dan minuman kantin dilakukan swakelola DWP meliputi nasi putih, minuman dan soft drink. Namun demikian, dengan adanya kebijakan baru terkait Green Hospital, soft drink tidak lagi dijual. Konsinyasi/ barang titipan dari suplier terpilih yang meliputi aneka menu makanan, lauk- pauk, sayur siap saji dan snack. Adapun keunggulan dari Kantin DWP RSUP Dr. Sardjito adalah letaknya strategis dengan fasilitas representatif sehingga mudah diakses oleh konsumen, makanan yang disediakan bersih, higienis, praktis, menu variatif dengan harga terjangkau. Selain itu, kanti DWP memiliki Sertifikat Higiene Sanitasi Kantin dan Sertifikat Higiene Sanitasi Makanan dari Dinas Kesehatan atas pemasok dan lulus pemeriksaan kesehatan yang dipersyaratkan serta Sertifikat Kursus Higiene bagi penjamah makanan. Semua penjamah dan pemasok makanan telah melakukan pemeriksaan makanan yang dijual ke Laboratorium. Pemeriksaan ini meliputi parameter mikrobiologi dan bahan berbahaya setiap 6 bulan sekali dilakukan pemeriksaan usap tangan petugas, usap alat, dan uji makanan yang disajikan. Sedangkan pemeriksaan mikrobiologi kualitas air bersih dilakukan setiap bulan dan pemeriksaan kualitas fisika kimia air bersih setiap 3 bulan sekali.

Selain mengelola kantin, DWP RSUP Dr. Sardjito juga mengelola Tempat Penitipan Anak (TPA) yang berdiri tahun 1983 pada masa kepengurusan DWP yang diketuai oleh Ibu Ismangoen, setahun setelah terbentuknya DWP RSUP Dr. Sardjito. Pendirian TPA ini bertujuan sebagai tempat penitipan/ pengasuhan anak yang khusus diperuntukkan hanya bagi anak-anak karyawan dan karyawati yang bekerja di lingkungan RSUP Dr. Sardjito. Bagi karyawati yang masih menyusui dimana sang ibu harus bekerja, mereka masih tetap bisa memberikan ASI secara eksklusif kepada sang buah hati di TPA RSUP Dr. Sardjito. Sejak tanggal 1 Juli 2004, DWP memulai kiprahnya di dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga tidak hanya sebatas pengasuhan saja tetapi mulai adanya kegiatan pembelajaran di kelompok bermain untuk usia dua (2) tahun ke atas sehingga potensi anak akan terasah secara optimal. Bagi anak-anak usia 3 bulan – 2 tahun di kelompok bayi tetap mendapatkan stimulasi-stimulasi yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Gedung TPA yang sekarang digunakan untuk beroperasi dibangun tahun 2012 dan dihibahkan kepada pihak RSUP Dr. Sardjito untuk digunakan sebagai gedung TPA di lantai satu dan gedung sekretariat DWP di lantai dua. TPA RSUP Dr. SARDJITO menyediakan berbagai program pendidikan bagi anak-anak, seperti program harian, program mingguan, program bulanan, program semester hingga program tahunan. Program harian di TPA meliputi belajar melalui bermain setiap hari, penanaman kemandirian anak dalam kegiatan sehari-hari serta stimulasi perkembangan untuk bayi. Program mingguan meliputi pemeriksaan kesehatan oleh dokter residen, kelas budaya pada hari Rabu dan Jum’at Sehat. Program bulanan yang rutin dilakukan setiap tanggal 23 adalah penimbangan dan pengukuran perkembangan fisik  anak serta pemeriksaan gigi. Sedangkan untuk program semester TPA antara lain field trip, cooking class, market day, bertanam dan program kreatifitas saat liburan sekolah. Kegiatan tutup tahun dilakukan setiap tahunnya oleh TPA dengan menyerahkan kembali anak kepada wali murid untuk kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Author Info

Admin Humas

No Comments

Post a Comment