Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

Jum’at Sehat Dengan Senam dan Kampanye Cuci Tangan Bersama Civitas Hospitalia RSUP Dr. Sardjito

YOGYAKARTA – Halaman Gedung Instalasi Rawat Jalan pagi ini, Jum’at (27/10) ramai dipenuhi oleh civitas hospitalia yang bersiap mengikuti “Senam Sehat dan Kampanye Cuci Tangan” dalam nuansa biru donker. Kegiatan yang dihadiri oleh jajaran direksi RSUP Dr. Sardjito, Kepala Bidang dan Bagian, Kepala Instalasi, Kepala Unit, Ketua KSM serta civitas hospitalia di lingkungan RSUP Dr. Sardjito ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 53 sekaligus mengkampanyekan cuci tangan kepada pasien maupun keluarga pasien untuk memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Hand Hygiene Day) yang biasa kita peringati setiap tanggal 15 Oktober. Plt. Direktur Utama, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, M.Kes memberikan sambutan yang berisi pentingnya cuci tangan sebagai kunci kendali infeksi sekaligus membuka senam sehat yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB. Acara dilanjutkan dengan  orasi Kampanye Cuci Tangan yang disampaikan oleh Dr. dr. Andaru Dahesihdewi, Sp.PK(K). Jajaran Direksi turut naik ke panggung untuk memberikan contoh praktik cuci tangan yang benar sehingga dapat mengurangi tingkat infeksi. Kegiatan ditutup dengan edukasi kepada pengunjung rumah sakit oleh 6 tim yang dibagi ke beberapa titik di lingkungan RSUP Dr. Sardjito, seperti Instalasi Rawat Jalan, International Cancer Center (ICC) dan Instalasi Laboratorium Klinik.

Pada tahun ini, kita kembali memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 53 bertemakan “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku” yang sejalan dengan Program Indonesia Sehat dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang sehingga perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat dibudayakan sejak di lingkungan keluarga. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan program dari Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat. Pelaksanaan GERMAS dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Berbagai kegiatan pengendalian terhadap faktor resiko penyakit tidak menular pun gencar digalakkan, salah satunya dengan melakukan pemberdayaan perilaku CERDIK yang merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

Selain melakukan senam sehat sebagai rangkaian kegiatan peringatan HKN Ke 53, RSUP Dr. Sardjito juga mengadakan kampanye cuci tangan yang dipimpin oleh jajaran direksi dan para champion cuci tangan untuk melakukan edukasi terhadap pengunjung di lingkungan RSUP Dr. Sardjito. Kampanye cuci tangan ini dibagi menjadi 6 tim dimana, dimana tim pertama dipimpin oleh Plt. Direktur Utama, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, M.Kes bertugas mengedukasi pengunjung di Gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ) Lantai I, tim kedua dipimpin oleh Direktur SDM dan Pendidikan, drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes berada di IRJ Lantai II, tim ketiga dipimpin oleh Plh. Direktur Utama, dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K), M.Kes. mengunjungi pasien di Gedung IRJ Lantai III, Direktur Umum dan Operasional memimpin tim keempat yang berada di Gedung IRJ Lantai IV. Sedangkan Direktur Keuangan, Drs. Amir Hamzah Mauzzy, Apt,MM,MARS bersama Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Dr. dr. Andaru Dahesihdewi, Sp.PK(K) memimpin tim kelima ke Instalasi Laboratorium Klinik. Tim terakhir, dipimpin Ibu Riyantinah bersama para residen patologi klinik memberikan edukasi kepada pengunjung yang berada di Gedung International Cancer Center (ICC). Para pengunjung antusias mendengarkan edukasi yang diberikan oleh para champion hand hygiene sembari mempraktekkan cara cuci tangan yang benar. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pasien maupun keluarga pasien dalam menjaga kebersihan yang dimulai dengan mencuci tangan secara benar sebagai kunci kendali infeksi.

 

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Post a Comment