Emergency (0274) 583613    (0274) 631190, 587333    Fax:(0274) 565639    [email protected]
slide_1200x500_gedung_sardjito
slide_1200x500_putih
slide_1200x500_mbah_jito

Prof. Dr. Sardjito

slide_1200x500_perawat_amarta

Memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna,
bermutu dan terjangkau masyarakat.

slide_1200x500_suite_room

Suite Room

slide_1200x500_call_center

RSUP Dr. Sardjito Gelar Aksi “Donate Blood To Save Lifes”

YOGYAKARTA – Plh Direktur Utama RSUP Dr. Sardjito, dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K), M.Kes. membuka kegiatan “Donate Blood To Save Lifes” dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 53 di Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) RSUP Dr. Sardjito, Selasa (7/11). Selain dr. Rukmono, Direktur Umum dan Operasional, dr. Djoko Windoyo, Sp.RM dan Direktur Keuangan, Drs. Amir Hamzah Mauzzy, Apt. MM. MARS juga turut ikut mendonorkan darah yang diawali dengan pemeriksaan tekanan darah, golongan darah dan kadar haemoglobin (HB) oleh petugas dari UPTD. Donor darah yang diikuti oleh civitas hospitalia ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama sekaligus mencukupi kebutuhan darah bagi pasien di rumah sakit.

Donor darah merupakan kegiatan yang tak pernah luput diadakan oleh RSUP Dr. Sardjito setiap kali merayakan HUT maupun dalam rangka peringatan HKN. Setelah sebelumnya mengadakan aksi donor darah pada bulan Maret, bulan November ini RSUP Dr. Sardjito kembali mengadakan aksi “Donate Blood To Save Lifes”. Antusiasme civitas hospitalia maupun masyarakat secara umum dalam kegiatan ini cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar untuk donor darah. Sebelum diperbolehkan untuk donor darah, petugas akan melakukan anamnesa sederhana atau tanya jawab singkat yang berhubungan dengan syarat-syarat mendonorkan darah, seperti berat badan minimal 45 kg dengan tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100 serta memiliki kadar haemoglobin (HB) sekitar 12,5- 17 g/dl, dan lain sebagainya. Apabila persyaratan tersebut telah dipenuhi, petugas akan mengambil darah si pendonor dengan menyuntikkan jarum steril ke pembuluh darah vena.

Donor darah tidak hanya memberi manfaat kepada para penerima darah, namun juga bagi di pemberi darah. Selain dapat membuat jantung menjadi lebih sehat, rajin mendonorkan darah dapat membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar. Dengan turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini, berarti kita telah berbagi kepedulian untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan darah. Mari mendonorkan darah, “Let’s Donate Blood To Save Lifes”!

Author Info

Humas Sardjito

Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

No Comments

Post a Comment